welcome

welcome

This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Senin, 02 Oktober 2023

Mengapa Portal Media Game Penting? Tombol Media

Mengapa Portal Media Game Penting?

Portal media game memainkan peran penting dalam ekosistem industri permainan dengan alasan berikut:
1. Menyediakan Informasi Terkini

Industri permainan adalah lingkungan yang cepat berubah. Setiap hari, ada berita tentang peluncuran game baru, pembaruan, dan perkembangan dalam dunia esports. Portal media game membantu pemain dan penggemar game untuk tetap terkini tentang semua hal ini.
2. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Ulasan game yang objektif dan panduan bermain membantu pemain untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang game mana yang harus mereka mainkan. Mereka juga dapat memahami apakah sebuah game sesuai dengan preferensi dan minat mereka.
3. Memperkuat Komunitas

Portal media game sering memiliki forum dan komunitas yang aktif. Ini adalah tempat pemain dapat berdiskusi tentang game, berbagi tips, dan berinteraksi satu sama lain. Komunitas ini memperkuat ikatan dalam komunitas game.
4. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Industri

Portal media game membantu meningkatkan kesadaran terhadap industri permainan. Mereka melaporkan tentang pengembangan game, penghargaan, dan kejadian besar, yang memberi penghormatan pada kerja keras dan prestasi dalam industri ini.
5. Memberi Pengembang Platform

Portal media game memberi pengembang platform untuk mempromosikan game mereka. Mereka dapat memberikan wawasan tentang pengembangan game mereka, menjawab pertanyaan pemain, dan membangun antusiasme sebelum peluncuran.
6. Memberikan Kritik Konstruktif

Ulasan game yang jujur dan kritis dari portal media game dapat membantu pengembang memahami kekuatan dan kelemahan game mereka. Ini dapat memicu perbaikan dan inovasi di masa depan.
Tren Terbaru dalam Portal Media Game

Industri permainan terus berkembang, dan portal media game pun mengikuti tren-tren terbaru. Beberapa tren terkini dalam portal media game meliputi:
1. Konten Video Berat

Konten video, seperti ulasan game, gameplay, dan wawancara dengan pemain pro atau pengembang, semakin dominan dalam portal media game. Banyak situs web game memiliki saluran YouTube yang aktif.
2. Liputan Esports yang Meningkat

Esports semakin mendapatkan perhatian, dan portal media game meningkatkan liputan mereka tentang turnamen dan kompetisi esports. Mereka juga memberikan profil pada pemain profesional esports.
3. Cakupan Game Seluler yang Lebih Besar

Dengan pertumbuhan game seluler, portal media game semakin banyak memberikan perhatian pada game untuk perangkat seluler. Mereka mengulas game seluler, memberikan panduan, dan menyediakan konten terkait game seluler.
4. Isu Keamanan dan Privasi

Portal media game juga mulai meliput isu-isu keamanan dan privasi dalam game. Mereka memberikan informasi tentang cara melindungi akun game Anda dan menjelaskan potensi risiko keamanan.
5. Teknologi Terkini

Portal media game juga meliput berita tentang teknologi terkini yang memengaruhi dunia game, seperti teknologi ray tracing, VR (Virtual Reality), dan platform streaming game.
Kesimpulan

Portal media game adalah sumber informasi kunci dalam industri permainan. Mereka tidak hanya menyediakan berita dan ulasan game, tetapi juga memperkuat komunitas pemain, memberikan platform kepada pengembang game, dan membantu semua orang tetap terkini dalam dunia yang berkembang pesat ini. Bagi pecinta game, portal media game adalah teman setia dalam perjalanan mereka menjelajahi dunia game yang tak ada habisnya. Dengan terus mengikuti tren dan perkembangan terbaru, portal media game akan terus menjadi panduan yang tak ternilai dalam dunia game yang semakin besar dan menarik.



tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia tombolmedia

Selasa, 14 Februari 2023

Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Jika Anda memiliki, mengelola, memonetisasi, atau mempromosikan konten online melalui Google Penelusuran, panduan ini cocok untuk Anda. Panduan ini juga berguna bagi pemilik bisnis yang sedang berkembang, pemilik situs yang mengelola banyak situs, spesialis SEO di agensi web, atau siapa saja yang ingin belajar SEO secara autodidak. Panduan ini memberikan ringkasan lengkap tentang dasar-dasar SEO dengan praktik terbaik, namun tidak menjamin situs Anda langsung menduduki peringkat pertama di Google. Praktik terbaik di panduan ini akan membantu mesin telusur untuk meng-crawl, mengindeks, dan memahami konten Anda dengan lebih mudah.

Search Engine Optimization (SEO) seringkali melibatkan perubahan kecil di beberapa bagian situs Anda, yang jika dilihat secara terpisah mungkin terlihat seperti peningkatan bertahap, namun jika digabungkan dengan optimasi lainnya, perubahan ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada performa dan pengalaman pengguna di situs Anda dalam hasil penelusuran organik. Banyak elemen utama pada halaman web yang tercakup dalam topik-topik ini, dan Anda mungkin sudah cukup familiar dengan sebagian besar di antaranya, namun mungkin belum memanfaatkannya secara optimal.

Anda harus membuat situs yang bermanfaat bagi pengguna Anda dan mengarahkan setiap pengoptimalan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu pengguna adalah mesin telusur, yang membantu pengguna menemukan konten Anda. SEO membantu mesin telusur memahami dan menampilkan konten. Panduan ini dapat diterapkan pada situs dengan segala ukuran dan jenis, dan diharapkan memberikan ide baru untuk meningkatkan performa situs. Pertanyaan, masukan, dan kisah sukses dapat disampaikan di Komunitas Bantuan Pusat Google Penelusuran.

Rabu, 10 Maret 2021

Bagaimana cara mengakses Asisten Virtual Telkomsel?

Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Untuk melakukan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan.


Minggu, 12 Agustus 2018

Tips dan Trik untuk Membeli Kain di Pasar Kain

Membeli kain dan menjahit sendiri mempunyai ke istimewaan tersendiri dimana kita bisa memilih bahan dan model sesuai dengan keinginan, bahkan biasanya harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan pakaian yang sudah jadi . Tetapi tetap harus benar-benar memilih. Berikut beberapa tips dan trik saat kamu belanja di pasar kain murah 

1. Kualitas 
Karena kamu belanja di pasar kain yang sangat murah terkadang ada pedagang yang nakal. Mereka bilang bahwa itu adalah kualitas terbaik padahal bukan sama sekali. Maka dari itu kamu harus tau dahulu jenis kain apa dan bagaimana bentuknya. Sehingga kamu tidak di tipu oleh pedagang nakal
2. Pergi pada pagi hari 
Biasanya kain-kain baru akan diantar pada pagi hari, maka dari itu kamu juga harus pergi saat pagi hari aga kain-kain baru itu tidak habis. 
3. Menawar
Jangan lupa untuk menawar 50% dari harga yang diberikan, pedangan nakal suka menaikan harga lebih dari 100% 

Itulah tiga tips kalau kamu ingin belanja di pasar kain, jangan lupa membaca artikel makan yang memicu bau badan

Jumat, 27 Juli 2018

Partisi di Rumah dan Partisi Kantor


Partisi kantor dan furniture modern perabotentunya akan berbeda dengan partisi rumah, walau secara umum keduanya memiliki fungsi yang sama. Partisi atau sekat pembatas ruangan digunakan untuk membatasi atau membagi satu ruangan menjadi beberapa bagian. Partisi rumah umumnya terbuat dari material kayu, bambu atau rotan. Beberapa ada yang bisa dilipat sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Sementara partisi di kantor akan menggunakan bahan yang lebih solid seperti besi, aluminium hingga kaca. Sekat pembatas di kantor juga seringkali sudah dijual dalam satu paket bersama meja serta kursinya. Hal ini terutama untuk membuat kubikel kantor agar tampak lebih rapi dan seragam.

Mengingat material dan tampilan fisik yang jauh berbeda, maka sudah tentu partisi yang biasa digunakan di rumah tidak akan bisa digunakan untuk kantor. Demikian juga sebaliknya. Kedua partisi turut memiliki fungsi lain, mulai dari dekorasi interior hingga tempat penyimpanan barang. Sebagai dekorasi interior meja rapat , partisi akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Ini karena warna dan motifnya yang beragam sehingga ruangan tidak lagi terlihat kosong atau polos. Kesan monoton pada sebuah ruangan akan dapat dihilangkan berkat penggunaan partisi yang sesuai. Sementara terkait fungsi penyimpanan, partisi biasanya akan memiliki cerukan yang digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang kecil. Hal ini dimungkinkan karena ketebalan dari partisi itu sendiri.

Pada partisi yang digunakan di rumah, salah satu sisinya biasanya akan memiliki tempat gantungan. Gantungan ini akan dapat dimanfaatkan untuk menaruh tas atau barang lain. Fungsi penyimpanan pada partisi di rumah maupun di kantor ini tentu menjadi nilai plus tersendiri dan membuatnya makin fungsional. Baik partisi rumah maupun partisi untuk kantor bisa didapatkan juga secara online ataupun offline. Kita bisa mendapatkannya sebagai sekat ruangan yang multifungsi. Harga akan tergantung dari merk, jenis hingga ukurannya. Bahan pembuatan partisi juga menjadi faktor penentu tinggi rendahnya harga. Bahan seperti kayu solid akan lebih mahal dibanding papan triplek biasa. Demikian adalah uraian seputar partisi kantor serta partisi di rumah.

Senin, 10 April 2017

Cloud Computing

Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet
Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:
  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Dibawah ini kita bahas, masing-masing jenis layanan diatas:
  • Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.  Dalam perkembangan-nya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing. Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakai-nya. Contoh: Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365, Adobe Suite yang bisa kita nikmati lewat Adobe Creative Cloud, dsb.
  • Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Sebagai analogi, misal-nya kita sewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah kita sewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan-nya. Yang penting, kita bisa nyaman tinggal di kamar itu, jika suatu saat kita dibuat tidak nyaman, tinggal cabut dan pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanan-nya. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web ServiceWindows Azure,  bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS. Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.
  • Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya. Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, Windows Azure (soon), TelkomCloudBizNetCloud, dsb. Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dsb dengan segera.
Metoda atau Cara Kerja Cloud Computing
Berikut merupakan cara kerja penyimpanan data dan replikasi data pada pemanfaatan teknologi cloud computing. Dengan Cloud Computing komputer lokal tidak lagi harus menjalankan pekerjaan komputasi berat untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan, tidak perlu menginstal sebuah paket perangkat lunak untuk setiap komputer, kita hanya melakukan installasi operating system pada satu aplikasi. Jaringan komputer yang membentuk awan (internet) menangani mereka sebagai gantinya. Server ini yang akan menjalankan semuanya aplikasi mulai dari e-mail, pengolah kata, sampai program analisis data yang kompleks. Ketika pengguna mengakses awan (internet) untuk sebuah website populer, banyak hal yang bisa terjadi. Pengguna Internet Protokol (IP) misalnya dapat digunakan untuk menetapkan dimana pengguna berada (geolocation). Domain Name System (DNS) jasa kemudian dapat mengarahkan pengguna ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan dalam bahasa lokal mereka. Pengguna tidak login ke server, tetapi mereka login ke layanan mereka menggunakan id sesi atau cookie yang telah didapatkan yang disimpan dalam browser mereka. Apa yang user lihat pada browser biasanya datang dari web server. Webservers menjalankan perangkat lunak dan menyajikan pengguna dengan cara interface yang digunakan untuk mengumpulkan perintah atau instruksi dari pengguna (klik, mengetik, upload dan lain-lain) Perintah-perintah ini kemudian diinterpretasikan oleh webservers atau diproses oleh server aplikasi. Informasi kemudian disimpan pada atau diambil dari database server atau file server dan pengguna kemudian disajikan dengan halaman yang telah diperbarui. Data di beberapa server disinkronisasikan di seluruh dunia untuk akses global cepat dan juga untuk mencegah kehilangan data.
Web service telah memberikan mekanisme umum untuk pengiriman layanan, hal ini membuat service-oriented architecture (SOA) ideal untuk diterapkan. Tujuan dari SOA adalah untuk mengatasi persyaratan yang bebas digabungkan, berbasis standar, dan protocol-independent distributed computing. Dalam SOA, sumber daya perangkat lunak yang dikemas sebagai "layanan," yang terdefinisi dengan baik, modul mandiri yang menyediakan fungsionalitas bisnis standar dan konteks jasa lainnya. Kematangan web service telah memungkinkan penciptaan layanan yang kuat yang dapat diakses berdasarkan permintaan, dengan cara yang seragam.



Selasa, 07 Maret 2017

Pembahasan Komputasi Modern diBidang Kedokteran

PEMBAHASAN KOMPUTASI MODERN PADA BIDANG KEDOKTERAN
‘’FITUR PENDETEKSI DAN ANALISIS PENYAKIT ALZHEIMERS MENGGUNAKAN MATLAB DENGAN TEKNIK GABOR FILTER ”
Otak merupakan organ yang paling sensitive dan canggih sebagai pengendali sistem tubuh manusia. Ketika otak mengalami abnormal maka akan mengakibatkan disfungsionalitas seluruh fungsi organ tubuh, Salahsatu kelainan otak yaitu Alzhimers.
Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.
Pada fase awal, seseorang yang terkena penyakit Alzheimer biasanya akan terlihat mudah lupa, seperti lupa nama benda atau tempat, lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, dan lupa mengenai isi percakapan yang belum lama dibicarakan bersama orang lain. Seiring perkembangan waktu, gejala akan meningkat. Penderita penyakit Alzheimer kemudian akan kesulitan melakukan perencanaan, kesulitan bicara atau menuangkan sesuatu ke dalam bahasa, kesulitan membuat keputusan, kerap terlihat bingung, tersesat di tempat yang tidak asing, mengalami gangguan kecemasan dan penurunan suasana hati, serta mengalami perubahan kepribadian, seperti mudah curiga, penuntut, dan agresif. Pada kasus yang parah, penderita penyakit Alzheimer bisa mengalami delusi dan halusinasi, serta tidak mampu melakukan aktivitas atau bahkan tidak mampu bergerak tanpa dibantu orang lain. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer, di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, berjenis kelamin wanita, berusia di atas 65 tahun, memiliki orang tua atau saudara kandung yang sakit Alzheimer, memiliki riwayat penyakit jantung, dan pernah mengalami luka berat di kepala. 
Salahsatu cara untuk mendeteksi penyakit  Alzheimers dapat dilakukan dengan menganalisis Gambar otak dari penderita menggunakan komputasi modern melalui pengecekkan hasil histogram yang didapat menggunakan aplikasi Matlab dengan bantuan teknik gabor filter.
Metode
1. Membaca inputan dari gambar otak yang normal dan sehat dan juga gambar otak yang terkena penyakit alzheimer.
2. Mengkonversi inputan tersebut ke dalam skala keabuan dengan menerapkan teknik konversi Matlab dengan menggunakan berbagai algoritma.
3. Mendapatkan histogram dari dua gambar otak yang sehat dan otak yang terkena penyakit Alzheimer.
4. Perbandingan dapat terbuat secara jelas dari histogram gambar otak yang terkena penyakit, karena kedua histogram tidak akan tumpang tindih.
5. Selanjutnya, menerapkan gabor filter pada kedua gambar otak.
6. Hasil gabor filter pada gambar otak yang sehat dan normal dibandingkan dengan hasilgabor filter pada gambar otak yang sakit.
7. Jika pada saat perbandingan tidak ada kelainan yang ditunjukkan, maka akan dipresentasikan dalam kotak hitam, sebaliknya jika terjadi perbedaan maka akan ditampilkan pada jendela baru.
8. Selanjutnya membandingkan hasil dari filter gambar dengan menggunakan ploting histogram dan algoritma matlab.
9. Dan juga menghitung perbedaan antara dua buah gambar dengan menghitung jarak Euclidean. Apabila jarak Euclidean antara dua buah gambar bernilai “0”, maka kedua otak tersebut sehat, sebaliknya maka akan di tampilkan tingkat kelainan pada otak.
                                                     
            ANALISA

  • ·    Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengambil gambar dari otak yang diduga menderita penyakit Alzheimer dan gambar otak yang tidak menderita penyakit alzhemier, Maka akan terlihat dua buah gambar yang berbeda seperti berikut



  • ·   Setelah dilakukan penyaringan menggunakan gabor filter, maka dari kedua gambar tersebut akan terlihat perbedaan nya seperti berikut
 

  • ·   Setelah itu akan dilakukan serangkaian perhitungan terhadap nilai euclean (e) nya, apabila nilai e nya 0 maka itu menunjukan bahwa otak tersebut sehat dan apabila nilai e tidak sama dengan 0 maka otak tersebut dinyatakan menderita penyakit Alzheimer.
  • ·     Untuk dapat menghasilkan nilai euclean maka gambar sebelum dilakukan penyaringan akan digabung dengan gambar setelah dilakukan penyaringan dengan teknik gabor filter, maka akan terlihat perbedaan seperti berikut

 

  • ·     Gambar hitam merupakan gambar penggabungan otak yang sehat dan gambar yang lainnya merupakan gambar yang diduga menderita penyakit alzheimer
  • ·     Setelah itu dilakukan pencarian terhadap nilai histogram dari kedua gambar tersebut, yang kemudian didapat sebagai berikut
   

  •     Dari kedua histogram yang berbeda tersebut dipastikan bahwa histogram yang ditunjukan dengan garis berwarna merah positif menderita penyakit Alzheimers
KESIMPULAN

  • ·    Penyakit Alzheimer sekarang ini bisa dideteksi melalui serangkain kegiatan analisis yang melibatkan komputasi modern menggunakan bantuan teknik gabor filter dan Aplikasi Matlab secara terkomputerisasi
  • ·    Dapat dilihat bahwa gambar otak yang mempunyai penyakit akan terlihat berukuran lebih kecil, sisi sisi dari gambar akan terlihat lebih kasar, dan hasil penggabungan dari dua gambar sebelm dan sesudah penyaringan akan terlihat banyak titik titik yang tersebar secara merata, dan nilai histogram lebih rapat.
  •       SUMBER : http://www.ijcttjournal.org/2015/Volume29/number-2/IJCTT-V29P114.pdf

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More